$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Komnas HAM Minta Negara Lindungi Orang Yang Bercadar

PATRIOTNKRI.COM - Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Maneger Nasution, mengingatkan seluruh sekolah untuk tidak melarang adanya...

Mardiyah, guru MTSN 1 Bulukumba Sulawesi Selatan didampingi suaminya (kanan) saat di Kantor Kepala Kemenag Sulawesi Selatan Muh Rasbi, Kamis (30/3/2017)

PATRIOTNKRI.COM - Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Maneger Nasution, mengingatkan seluruh sekolah untuk tidak melarang adanya guru yang mengenakan cadar saat proses belajar mengajar.

Ini berkaitan dengan sebuah informasi mengenai pelarangan dua orang guru di Madrasah Tsanawiyah yang ada di Kabupaten Bulukumba dan Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut Maneger, menggunakan cadar adalah salah satu pelaksanaan ajaran berdasarkan kitab suci yang dianut.

"Bagi kedua guru perempuan itu (yang dilarang) adalah merupakan ibadah yang harus atau wajib dilaksanakannya," katanya dalam siaran pers pada Jumat, 31 Maret 2017.

Dikatakannya, ketentuan yang mengatur soal tidak ada larangannya menggunakan cadar termaktub dalam Pasal 28 E ayat (1) dan Pasal 29 Ayat (2) UUD 1945, serta Pasal 22 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

"Hak untuk menggunakan cadar sebagai bagian dari kegiatan ibadatnya harus dijamin oleh Negara melalui kedua pimpinan sekolah," katanya.

Di Sulawesi Selatan tengah beredar sejumlah kabar di jejaring sosial dan sejumlah media lokal yang menyebut ada dua orang guru mendapat peringatan karena menggunakan cadar saat memberi pelajaran.

Sejauh ini, polemik itu telah dilakukan komunikasi dengan berbagai pihak. Secara prinsip, memang tidak ada larangan untuk penggunaan cadar di sekolah.

Namun Kantor Wilayah Kementerian Agama tetap meminta agar guru yang bercadar dapat menyesuaikan.

Demikian menurut laman Kantor Kementerian Agama Sulawesi Selatan, pada Kamis 30 Maret 2017, yang dilansir dari artikel berjudul 'Kakan Kemenag Terima Maaf Mardiyah'.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Mardiyah, guru MTSN 1 Bulukumba yang mengenakan cadar meminta maaf kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama didampingi suaminya Kaimuddin.

Dituliskan juga bahwa Mardiyah memahami keinginan Kepala MTSN 1 Bulukumba yang memintanya melepaskan cadar saat belajar mengajar.

"Untuk lebih memahami dan menerapkan profesionalitas dan proporsional dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar."

Sumber: viva.co.id


loading...
Name

Berita,2929,Beritan,3,Internasional,88,Nasional,2800,Opini,72,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Komnas HAM Minta Negara Lindungi Orang Yang Bercadar
Komnas HAM Minta Negara Lindungi Orang Yang Bercadar
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2017/03/31/58de30955f128-guru-bercadar_665_374.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2019/08/komnas-ham-negara-harus-lindungi-orang.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2019/08/komnas-ham-negara-harus-lindungi-orang.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy