$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Malu Banget Kaka.....Penjarahan Yang Dilakukan Warga Palu Akhirnya Masuk TV Jepang, Seperti Ini Beritanya

PATRIOTNKRI.COM -   Kondisi warga pasca gempa magnitudo 7,4 di tiga daerah Sulawesi Tengah (Sulteng), masih membutuhkan bantuan kita. ...



PATRIOTNKRI.COM - Kondisi warga pasca gempa magnitudo 7,4 di tiga daerah Sulawesi Tengah (Sulteng), masih membutuhkan bantuan kita.

Dilaporkan oleh Tribun Timur (grup TribunJatim.com), komunikasi di sana masih terbatas, evakuasi para korban meninggal masih berlangsung, dan kelaparan.

Akibat kelaparan ini, para warga korban gempa akhirnya bergerak sendiri.

Aksi penjarahan ada di berbagai titik di pusat Kota Palu, menjadi tontonan yang biasa di tengah kondisi bencana.

Kapendam XIII Merdeka, Kolonel Inf Muhammad Thohir menegaskan, aksi penjarahan warga yang disebut-sebut telah diizinkan pemerintah, adalah tidak benar.

"Tidak benar aksi penjarahan warga ini dipersilahkan oleh pemerintah, memang apa negara ini," kata Thohir kepada Tribun Timur, di Makorem 132 Tadulako, Palu, Minggu (30/9/2018).

Informasi yang beredar tersebut kata Kolonel Thohir, bukan seperti demikian.

Informasi yang benar adalah apabila masyarakat membutuhkan logistik, agar bisa dikoordinasikan dulu.

Lanjutnya, pengadaan logistik agar bisa didampingi oleh aparat TNI, Polri, atau pihak pemerintah dengan cara didata dan diinterfalisir apa saja kebutuhan warga.

"Jadi bukan untuk diizinkan melakukan penjarahan. Saya ulangi, tidak ada izin dari pemerintah untuk melakukan penjarahan, termaksud juga SPBU," tegasnya.
Ia menambahkan, bagi keluarga korban gempa agar minta pendampingan dari pihak Babinsa atau Bhabinkamtibmas di posko yang ada.

Seorang warga Palu yang tidak mau disebutkan identitasnya mengaku, aksi penjarahan ini sudah berlangsung dari Sabtu (29/9/2018) malam, usai magrib.

"Sudah dari malam penjarahan warga, belum ada yang ditangkap. Kalau SPBU yang dijarah di Jalan Ki Hajar Dewantara sama Jalan M Yamin," kata ia.
Aksi penjarahan SPBU dan toko-toko di Palu ini terjadi pasca gempa bumi dan tsunami.

Warga tidak hanya menyasar SPBU dan toko-toko, tapi bahkan warga yang diketahui masih terbilang muda menjarah mesin ATM dan apotik di beberapa titik.

Berbagai foto dan video penjarahan toko dan SPBU inipun viral di media sosial.

Sebelumnya, diberitakan Kompas.com, ratusan orang menjarah BBM di sejumlah SPBU, termasuk di Jalan Pue Bongo, Palu.

Sekelompok orang menggunakan selang untuk menyedot minyak dari tangki penyimpanan di bawah tanah.

Rantai segel gas LPG di dekat ruang kantor pun dibuka paksa oleh sejumlah orang.

"Silahkan ambil minyak, tapi jangan rusak," kata seseorang yang baru tiba dengan motor, Minggu (30/9/3018) lalu. 

Terkait hal itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo, memberikan penjelasan.

Soal foto warga menaiki truk tangki, Tjahjo mengatakan, aksi tersebut terjadi karena listrik mati.

Akibatnya, tak ada cara untuk menyalurkan BBM ke pembeli, seperti dilansir TribunJatim.com dari Tribun-Video.com.

Seperti dituliskan pada laman resmi www.kemendagri.go.id, Tjahjo mengatakan, saat itu dirinya berada di lokasi.

Menurutnya, saat itu listrik mati dan bandara runtuh, halaman bandara pun digunakan untuk mengungsi.

Kemudian makanan dan minuman dari toko yang roboh berhamburan.

"Kemudian diambil masyarakat. Jadi bukan penjarahan," kata Tjahjo dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Ia pun meminta Pemda untuk mencari pemilik toko dan membeli makanannya untuk korban gempa.

"Kondisi darurat, makan-minum bantuan belum masuk, toko tutup. Ya bantu masyarakat yang perlu makan-minum, dan saya minta langsung ke Gubernur beli minuman dari toko yang tutup. Uangnya dari gotong royong, dan Mendagri ikut beli juga," kata Tjahjo.

"Kita sudah perintahkan untuk Alfamart dan Indomaret itu sudah bisa diambil barang barangnya. Catat semua apa yang diambil, diinventaris. Kami akan bayar itu semua. Tidak ada penjarahan," ungkapnya, Minggu (30/9/2018), seperti dikutip TribunJatim.com dari Tribun-Video.com.

Aksi penjarahan ini juga ikut disorot media Jepang.

"Kerusakan akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Indonesia Sulawesi Tengah semakin meluas, dan yang meninggal melebihi 1.200 orang. Di daerah yang terdampak, air dan makanan langka, dan di supermarket ada kegiatan penjarahan berturut-turut," ungkap TV Asahi dalam pemberitaannya, Senin (1/10/2018) pagi ini, waktu Jepang.

"Selain gempa bumi juga tsunami setinggi 6 meter menghantam daerah pantai," kata TV Asahi.

"Ada daerah di mana ketinggian tsunami 6 meter diamati. Media lokal melaporkan bahwa 1.203 orang telah meninggal sejauh ini," kata TV Asahi.

"Di lokasi kejadian bencana ada kekurangan bahan yang diperlukan untuk hidup seperti air dan makanan, dan pengaruh serius diberikan kepada penduduk."
"Sehingga muncul serangkaian tindakan menjarah yang menyerang toko-toko swalayan dan membawa barang-barang tersebut," ungkapnya.

Seorang warga Jepang yang dihubungi Tribunnews.com, Jiro Kumano, yang juga menjadi pemerhati Indonesia, menyatakan keprihatinannya akan penjarahan tersebut.


"Memang kalau kelaparan kita dalam keadaan sulit," kata dia.

Sumber: tribunnews.com






loading...
Name

Berita,2783,Beritan,2,Internasional,73,Nasional,2707,Opini,14,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Malu Banget Kaka.....Penjarahan Yang Dilakukan Warga Palu Akhirnya Masuk TV Jepang, Seperti Ini Beritanya
Malu Banget Kaka.....Penjarahan Yang Dilakukan Warga Palu Akhirnya Masuk TV Jepang, Seperti Ini Beritanya
https://4.bp.blogspot.com/-KByj3-fiwtI/W7I9BZmYEAI/AAAAAAAAT1Q/dea2S4VKr7kiXm5cdQtEek0FtcaJyoGJACLcBGAs/s640/penjarahan-warga-di-palu-sulteng-usai-gempa-juga-disoroti-media-jepang_20181001_182817-1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-KByj3-fiwtI/W7I9BZmYEAI/AAAAAAAAT1Q/dea2S4VKr7kiXm5cdQtEek0FtcaJyoGJACLcBGAs/s72-c/penjarahan-warga-di-palu-sulteng-usai-gempa-juga-disoroti-media-jepang_20181001_182817-1.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/10/malu-banget-kakapenjarahan-yang.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/10/malu-banget-kakapenjarahan-yang.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy