$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Astaga ..Ipda Rochmat Polisi Dengan 79 Anak Asuh Kena Tipu, Penghargaan Mengatasnamakan PBB Yang Diterimanya Palsu

PATRIOTNKRI.COM -  Anggota Brimob Polda Jatim Ipda Rochmat Tri Marwoto baru saja menerima penghargaan yang mengatasnamakan pusat informa...



PATRIOTNKRI.COM - Anggota Brimob Polda Jatim Ipda Rochmat Tri Marwoto baru saja menerima penghargaan yang mengatasnamakan pusat informasi PBB, United Nations Information Centre (UNIC) pada Senin (15/10/2018).

Tidak disangka ternyata penghargaan itu palsu. Bagaimana tanggapan Ipda Rochmat atas?

"Saya tidak tahu sama sekali soal itu, yang saya tahu waktu itu dikabari dari Polresta Madiun kalau akan ada Bapak Kapolda datang menyaksikan penyerahan penghargaan," terang Ipda Rochmat saat dihubungi detikcom, Kamis (18/20/2018).

Kabar akan mendapatkan penghargaan dari PBB lewat Polresta Madiun itu, lanjut Ipda Rochmat, dia terima sejak seminggu sebelum acara penyerahan. Saat itu, ia mengaku gembira hingga menyebar undangan ke teman-teman media.

"Perasaan saya senang waktu dapat kabar itu dan biasanya saya langsung kabari teman-teman media termasuk sampeyan (anda) detikcom," katanya.

Dikatakan Rochmat, dirinya tidak mengira akan ada permasalahan besar terkait penghargaan itu. Dirinya dan anak asuh juga mengikhlaskan dan pasrah kepada Allah SWT atas kejadian yang menimpanya.

Penyerahan penghargaan yang mengatasnamakan badan PBB itu dilakukan di rumah kediaman Ipda Rochmat, di Dusun Jati, Desa Klagen Serut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Acara seremonial dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Selain itu hadir pula Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu, Komandan Kodim 0803 Letnan Kolonel Czi Nur Alam Sucipto, Kajari Madiun Sugeng Sumarno, Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, Sekretaris Daerah Kota Madiun, Rusdiyanto, serta diliput sejumlah media nasional.

Namun, belakangan diketahui penghargaan tersebut ternyata bukan penghargaan resmi dari PBB atau organisasi di bawah PBB United Nations Children's Fund (UNICEF) ataupun United Nations Information Centre (UNIC).

Hal ini terungkap dalam keterangan resmi UNIC yang menyatakan tidak pernah memberikan penghargaan tersebut. UNIC juga menyebut Lexy Leodewyk Pasulatan (sebelumnya hanya disebut sebagai Leodewyk) bertindak dalam kapasitasnya sendiri.

"Sehubungan dengan sebuah upacara penghargaan yang berlangsung di Jawa Timur pada hari Senin, 15 Oktober 2018 di mana sebuah plakat diserahkan oleh Lexy L Pasulatan, seorang mantan anggota staf PBB, kepada Ipda Rochmat Tri Marwoto, kami ingin mengkonfirmasi bahwa Mr. Pasulatan bertindak dalam kapasitasnya sendiri. PBB tidak memiliki keterlibatan dalam acara tersebut dan tidak mengizinkan menggunakan logo atau nama PBB," tulis UNIC dalam keterangan resmi yang diterima detikcom dari salah satu staf UNIC bernama Adilla di Surabaya, Kamis (18/10/2018).

Saat ditanya bagaimana status Leodewyk, Adilla mengatakan hal itu juga sudah dijelaskan dalam keterangan tersebut, di mana Leodewyk sudah tak lagi menjabat sebagai staf PBB. Pihaknya juga tak pernah membuat plakat tersebut.

Adilla menyebut Leodewyk merupakan mantan staf yang sebelumnya menjabat sebagai general support staff UNIC.

"Semua sudah dijelaskan dalam surat yang kami distribusikan. Beliau sekarang tidak lagi bekerja di UN. Mengenai plakat yang diberikan, kami TIDAK PERNAH membuat plakat tersebut," lanjutnya.

Tak hanya itu, Adilla juga memaparkan ada kesalahan fatal dalam penulisan plakat tersebut, misalnya penggunaan kata Of dan Centre menjadi Center.

"Dalam plakat ada kesalahan fatal tertulis "United Nations of Information Center.... Kami tidak pernah ada kata 'OF'," tegasnya.



Sementara itu, badan PBB lain, UNICEF, yang sempat disebut memberikan penghargaan itu juga mengatakan bahwa tidak ada kegiatan UNICEF di Jawa Timur di hari penghargaan tersebut diberikan.

"Kami tidak ada kegiatan di Jawa Timur di hari itu. Kami memang ada kegiatan tetapi di Tegal dan Palu di hari itu," ujar UNICEF Surabaya Field Office, Arie Rukmantara

Sumber: detik.com


Name

Berita,2403,Beritan,2,Internasional,71,Nasional,2330,Opini,13,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Astaga ..Ipda Rochmat Polisi Dengan 79 Anak Asuh Kena Tipu, Penghargaan Mengatasnamakan PBB Yang Diterimanya Palsu
Astaga ..Ipda Rochmat Polisi Dengan 79 Anak Asuh Kena Tipu, Penghargaan Mengatasnamakan PBB Yang Diterimanya Palsu
https://1.bp.blogspot.com/-pYFAvA3BNHU/W8gGsn5ELpI/AAAAAAAAUY8/FYuASZYF7T8MPonk_05wg07l0K5FCZHBgCLcBGAs/s640/bdbbfb07-5744-48e6-a2d0-10eca9250ae0_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-pYFAvA3BNHU/W8gGsn5ELpI/AAAAAAAAUY8/FYuASZYF7T8MPonk_05wg07l0K5FCZHBgCLcBGAs/s72-c/bdbbfb07-5744-48e6-a2d0-10eca9250ae0_169.jpeg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/10/astaga-ipda-rochmat-polisi-dengan-79.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/10/astaga-ipda-rochmat-polisi-dengan-79.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy