$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Pedagang Ikan Hias Marah & Sebut Janji Anies Palsu, Satpol PP Obrak Abrik Lapak Dagangan Mereka Di Jatinegara Lantaran Mangkal di Trotoar

PATRIOTNKRI.COM -  SECARA serentak di wilayah Jakarta Timur, petugas Satpol PP merazia keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap ka...



PATRIOTNKRI.COM - SECARA serentak di wilayah Jakarta Timur, petugas Satpol PP merazia keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap kali mangkal di atas trotoar.

Salah satu kawasan yang menjadi sasaran razia kali ini, yaitu PKL ikan hias Jatinegara.

Keberadaan PKL ini kerap kali memanfaatkan trotoat sebagai lapaknya, sehingga tak hayal banyak penguna jalan merasa mengeluh keberadaan para PKL ini.

Kurang lebih sebanyak 100 personil Satpol PP langsung merazia para pedagang, saat itu pedagang yang mengetahui akan di razia langsung mengamankan barang dagangnya.

HINGGA saat ini, rencana relokasi terhadap pedagang ikan hias Jatinegara yang menduduki area trotoar tak kunjung ada kepastian.

Bahkan, ketidak jelasan tersebut membuat para PKL ikan hias terpaksa harus menghadapi para petugas Satpol PP yang melakukan penertipan lapak-lapak para pedagang, Senin (24/9/18) siang tadi.

Mereka pun terlihat hanya dapat pasrah ketika, beberapa barang pedagang diangkut ke truk Satpol PP.

Walau sempat melayangkan aksi protes rupanya hal itu tidak cukup menghalangi petugas melakukan penertiban.

Rencana relokasi tersebut sebetulnya sudah bertahun-tahun direncanakan, mulai pedagang di pindahkan ke Raden Inten, Duren Sawit hingga dibuatkan lokasi baru. Namun rencana tersebut hanya dianggap angin lalu saja.

Ridwan (39) salah satu koordinator pedagang ikan hias Jatinegara. Ia mengatakan bahwa rencana relokasi tersebut hingga saat ini tidak ada kejelasan, ia menganggap rencana tersebut hanya janji palsu semata.

"Sebenarnya gini rencana relokasi itu sudah bertahun-tahun di rencanakan, mulai dari rencana dipindahkan ke Raden Inten, tapi akhirnya ngak jadi, lalu di carikan lahan, tapi ngak jadi juga," kata Ridwan, Senin (24/9/2018).

Menurut Ridwan, pihaknya meminta untuk segera mencarikan lahan untuk relokasi pedagang ikan, sehingga pedagang tak perlu harus khawatir jika dilakukan razia oleh petugas Satpol PP.

Pria yang sudah puluhan tahun berjualan sebagai pedagang ikan hias Jatinegara ini, menyebut bahwa tindakan Satpol PP melakukan penertiban tersebut tidak dibarengi dengan koordinasi antara pedagang.

Padahal menurutnya, letak para pedagang tersebut tidak melebih batas garis kuning yang digunakan sebagai petujuk arah tuna netra.

Dasar tersebut ia dapat ketika dirinya mengaku bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memberikan izin untuk berjualan sementara.

"Itu ada omongan dulu, baru-baru pas 3 bulan dia menjabat jadi gubernur kita datengin, ketemu langsung sama gubernur. Dia bilang begini "sementara waktu dikasih kebijakan untuk (berjualan) dibelakang garis kuning," katanya.

Namun kala itu, pihak Gubernur tidak dapat memberikan surat atas izin yang diberikan tersebut, bahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Jakarta Timur, namun hal itu tidak mendapatkan izin.

"Gubernur ngak mau ngeluarin tuh surat. Minta ke walikota engga bisa, cuma bilang surat ke Gubernur ngak di kasih apalagi saya," ucapnya.

Pihaknya mengaku hanya satu, yaitu adanya koordinasi dengan para pedagang jika memang akan ditertipkan ataupun di relokasi.

Jangan sampai para pedagang yang saat ini terkatung-katung tidak ada kejelasan, namun penertiban mengahantui mereka.

"Iya kalo ada tempat ayo kita rembukin, ayo kita musyawarah bersama, jangan seperti ini," katanya.

Sementara itu, Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar mengatakan memang rencana relokasi pedagang ikan hias Jatinegara sempat direncanakan. Namun hingga saat ini belum dapat dilakukan.

"Rencananya kan memang dulu mau begitu di relokasi tapi sampai sekarang belum terealisasi. Sedangkan dulu lahan yang digadang-gadang akan jadi tempat relokasi batal di lakukan, karena pemilik tanah membatalkan tanahnya untuk dijadikan lahan relokasi," katanya

sumber: tribunnews.com


Name

Berita,2665,Beritan,2,Internasional,72,Nasional,2590,Opini,14,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Pedagang Ikan Hias Marah & Sebut Janji Anies Palsu, Satpol PP Obrak Abrik Lapak Dagangan Mereka Di Jatinegara Lantaran Mangkal di Trotoar
Pedagang Ikan Hias Marah & Sebut Janji Anies Palsu, Satpol PP Obrak Abrik Lapak Dagangan Mereka Di Jatinegara Lantaran Mangkal di Trotoar
https://3.bp.blogspot.com/-ffVQQLfoB2U/W6j4l4UEMYI/AAAAAAAATjI/_9IwLGZFnYoNI3TOlQRAOc82BEQcQPUGACLcBGAs/s640/20180924petugas-satpol-pp-obok-obok-pedagang-ikan-hias_20180924_185139.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ffVQQLfoB2U/W6j4l4UEMYI/AAAAAAAATjI/_9IwLGZFnYoNI3TOlQRAOc82BEQcQPUGACLcBGAs/s72-c/20180924petugas-satpol-pp-obok-obok-pedagang-ikan-hias_20180924_185139.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/09/pedagang-ikan-hias-marah-sebut-janji.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/09/pedagang-ikan-hias-marah-sebut-janji.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy