$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Hari Ini, 05 September 2018, Setelah 30 Tahun, Akhirnya Indonesia Berhasil Ekspor 1 Juta Unit Mobil

PATRIOTNKRI.COM -  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan realisasi ekspor yang melampaui satu juta unit atau tepat...



PATRIOTNKRI.COM - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan realisasi ekspor yang melampaui satu juta unit atau tepatnya 1,3 juta unit.

Target tersebut akhirnya tercapai setelah berjuang selama lebih dari 30 tahun.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi atas pencapaian kinerja ekspor yang dilakukan Toyota.

Pencapaian ini menurutnya cukup baik, mengingat pemerintah saat ini berupaya untuk menggenjot ekspor dan mendorong investasi dalam negeri untuk menutupi defisit neraca perdagangan.

"Saya ingin menggaris bawahi dan berkali-kali saya sampaikan, bahwa dua hal yang dilakukan demi perbaikan ekonomi kita yang pertama ekspor dan kedua investasi, ini dua-duanya kena. PT Toyota Motor ini dua-duanya kena. Ada investasi dan ada ekspornya dua-duanya kena," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara seremoni realisasi 1 Juta Unit Ekspor CBU milik Toyota, di Jakarta, Rabu (5/9).

Seremoni ekspor ini merupakan salah satu penanda realisasi komitmen Toyota yang telah disampaikan kepada Pemerintah Indonesia di tahun 2015 oleh President TMC Akio Toyoda kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Aichi, Jepang, yaitu dalam hal peningkatan investasi dan kegiatan ekspor.

"Saya kejar terus, saya nanti ke Jepang mau ketemu lagi dengan Toyota. Pertama ucapkan terima kasih, kedua saya ingin tambah lagi, kita tidak mau kalah dengan Thailand. Gak mau," ungkap Jokowi.

Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengungkapkan, secara kumulatif, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota telah mencapai angka lebih dari 1 juta unit sejak kegiatan pengapalan perdana.

Angka ini sekaligus menjadi bukti keseriusan Toyota dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan industri otomotif Indonesia terutama melalui kegiatan ekspor.

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk bisa memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan industri otomotif Indonesia melalui kegiatan ekspor. Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia sehingga capaian ini bisa terwujud dengan baik," kata Warih.

Dia berharap, ke depannya performa ekspor ke negara-negara tujuan yang sudah eksis dapat ditingkatkan serta perluasan ke negara-negara tujuan baru dapat dilaksanakan.

Di ketahui, aktivitas ekspor Toyot, melalui produk-produk bermerek Toyota yang diproduksi di fasilitas manufaktur TMMIN dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai bagian dari grup Toyota di Indonesia, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam keseimbangan neraca perdagangan terutama dari sektor otomotif.

Terdapat sembilan kendaraan utuh bermerek Toyota yang diekspor ke mancanegara yaitu Fortuner, Kijang Innova, Vios, Yaris, Sienta, Avanza, Rush, Agya, dan Townace/Townlite. Adapun model Sport Utility Vehicle (SUV) Fortuner yang diproduksi di fasilitas manufaktur Toyota Karawang Plant 1, menyumbang volume terbesar.

Secara kumulatif, total volume ekspor Fortuner sejak pengapalan perdana pada 2006 berjumlah lebih dari 410.000 unit atau sekitar 30 persen dari total volume kumulatif ekspor CBU bermerek Toyota.

Jejak keberhasilan Fortuner diikuti oleh model sedan Vios dan Rush, di mana pada 2014 pabrikan otomotif asal Jepang ini memulai ekspor perdana Vios dalam jumlah signifikan ke negara Timur Tengah dengan volume rata-rata 3.000 unit per bulan.

Sumber: Merdeka.com


Name

Berita,1667,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1601,Opini,12,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Hari Ini, 05 September 2018, Setelah 30 Tahun, Akhirnya Indonesia Berhasil Ekspor 1 Juta Unit Mobil
Hari Ini, 05 September 2018, Setelah 30 Tahun, Akhirnya Indonesia Berhasil Ekspor 1 Juta Unit Mobil
https://4.bp.blogspot.com/-dFveWrhvfJo/W49mFA43QhI/AAAAAAAADhQ/YNXWfDNqDgo57NOnTomQR-lhsjlOtvlJACLcBGAs/s640/tak-mau-kalah-dengan-thailand-jokowi-resmikan-ekspor-toyota-tembus-1-juta-unit.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-dFveWrhvfJo/W49mFA43QhI/AAAAAAAADhQ/YNXWfDNqDgo57NOnTomQR-lhsjlOtvlJACLcBGAs/s72-c/tak-mau-kalah-dengan-thailand-jokowi-resmikan-ekspor-toyota-tembus-1-juta-unit.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/09/hari-ini-05-september-2018-setelah-30.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/09/hari-ini-05-september-2018-setelah-30.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy