$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Afrika Selatan Ikut Tumbang Bersama Turki dan Argentina, Seluruh Negara Berkembang Ketakutan, India Langsung Umumkan ...

PATRIOTNKRI.COM -  Setelah krisis mata uang di Turki dan Argentina, kini Afrika Selatan resmi jatuh dalam resesi dan semakin menekan pasar...

Hasil gambar untuk news indian rupee

PATRIOTNKRI.COM - Setelah krisis mata uang di Turki dan Argentina, kini Afrika Selatan resmi jatuh dalam resesi dan semakin menekan pasar negara berkembang.

Tak hanya menekan negara-negara peers, situasi ini juga membuat para pelaku pasar di negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika Serikat (AS) ikut ketar-ketir.

Pada hari Selasa (4/9/2018), badan statistik Afrika Selatan mengumumkan penyusutan produk domestik bruto (PDB) di kuartal kedua tahun ini sebesar 0,7%.

"Kami berada dalam resesi. Kami melaporkan kontraksi pada kuartal pertama ... dan sekarang pada kuartal kedua dengan penurunan 0,7%," kata Kepala Ahli Statistik Afrika Selatan Risenga Maluleke, dikutip dari CNBC International.

Resesi adalah kondisi di mana suatu negara mengalami kontraksi ekonomi dalam dua kuartal beruntun pada tahun yang sama.

Mata uang Afrika Selatan, rand, amblas 3,3% pada perdagangan kemarin menyusul pengumuman data tersebut.

Rand sudah anjlok 16,7% sejak awal tahun ini.

Kabar buruk dari Afrika itu membuat kondisi negara-negara berkembang semakin suram.

Pada hari Senin, Presiden Argentina Mauricio Macri mengumumkan langkah darurat untuk menyeimbangkan anggaran negara tahun depan.

Peso Argentina melemah lebih dari 3% menyusul beredarnya kabar tersebut. Mata uang negara Lionel Messi ini kembali turun 1,22% terhadap dolar AS di hari Selasa.

Di seberang samudera, Turki juga masih bergulat dengan pelemahan mata uangnya, lira, dan inflasi yang kembali melejit.

Inflasi Turki melonjak menjadi 17,9% di Agustus dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Angka tersebut naik dari 15,85% di Juli, menurut kantor statistik Turki TUIK.

Bank sentral Turki berjanji akan mengambil langkah untuk memerangi risiko kestabilan harga dalam rapat kebijakan selanjutnya di bulan ini.

"Bank sentral di Turki sudah, sepertinya, lebih independen daripada bank sentral di negara lain, dan itu akan terus berlanjut di periode ini dengan mengambil langkah-langkah guna meneruskan independensi ini," kata Albayrak kepada Reuters.

Selain itu, india juga mengumumkan bahwa Rupee kembali menyentuh posisi terendah sepanjang sejarahnya hari Senin dan diperdagangkan di 71,21 terhadap dolar AS.

Belum ada tanda-tanda bank snetral India, Reserve Bank of India, akan turun tangan membendung penurunan mata uang India di pasar.

Rupee kembali turun dalam 0,51% hari Selasa ke posisi 71,56 dan menjadikan pelemahannya mencapai lebih dari 12% sepanjang tahun ini.

Dari dalam negeri, rupiah kembali menyentuh rekor terendahnya pada perdagangan hari Selasa.

Pada penutupan perdagangan di pasar spot kemarin, US$1 dibanderol Rp 14.930. Rupiah melemah 0,81% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Posisi rupiah ini adalah yang terlemah sejak Juli 1998, kala Indonesia babak-belur dihajar krisis ekonomi-sosial-politik.

Posisi terlemah rupiah ada di Rp 14.940/US$ sedangkan terkuatnya adalah Rp 14.815/US$ pada perdagangan hari Selasa

Sumber: CNBC Indonesia


Name

Berita,1667,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1601,Opini,12,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Afrika Selatan Ikut Tumbang Bersama Turki dan Argentina, Seluruh Negara Berkembang Ketakutan, India Langsung Umumkan ...
Afrika Selatan Ikut Tumbang Bersama Turki dan Argentina, Seluruh Negara Berkembang Ketakutan, India Langsung Umumkan ...
https://images.financialexpress.com/2016/01/rupee-5.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/09/afrika-selatan-ikut-tumbang-bersama.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/09/afrika-selatan-ikut-tumbang-bersama.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy