$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Waduh, Jualan Agama Kembali Makan Korban, Ketahuan Petugas Arab Saudi, 40 Jemaah Haji Indonesia Dilarang Masuk Mekkah

PATRIOTNKRI.COM -  Puluhan warga Sampang, Jawa Timur, gagal menunaikan ibadah haji tahun ini karena menggunakan visa ziarah. Mereka dila...

Pakai Visa Ziarah, Calon Haji WNI Dilarang Masuk Mekkah

PATRIOTNKRI.COM - Puluhan warga Sampang, Jawa Timur, gagal menunaikan ibadah haji tahun ini karena menggunakan visa ziarah.

Mereka dilarang masuk ke Kota Mekkah.

Di antara calon jemaah haji yang gagal itu adalah Salamin Lidin Asim (40) dan Zubaidah Umar Margito (38) asal Desa Rapa Laok, Kecamatan Omben.

Mereka mendaftar melalui Biro Travel Haji dan Umroh plus di PT Bhakti Ananda Putri.

Dia menambahkan, beberapa calon haji lain percaya kepada PT Bhakti Ananda Putri itu karena pengelolanya merupakan ulama pengasuh salah satu pondok pesantren di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. 

Selama ini ulama itu dikenal alim dan memiliki banyak santri.

"Jadi paman, dan para calon haji lainnya percaya, ternyata faktanya seperti ini, malah jemaah ditelantarkan," ucap Noralisa, tanpa menyebutkan nama ulama yang dimaksud.
Lihat juga:Iran dan Tuntutan Pengelolaan Mekkah, Madinah

"Promosi dari perusahaan itu menyebutkan bahwa selain lebih cepat, juga bisa keliling ke beberapa negara," kata Salamin dikutip Antara di Sampang, Minggu.

Promosi itu membuat Salamin dan keluarganya tertarik untuk mendaftar haji melalui PT Bhakti Ananda Putri, meskipun uang yang harus dikeluarkan lebih mahal, yakni Rp210 juta untuk dua orang.

Keponakan Salamin, Noralisa mengatakan, pamannya berangkat ke Mekkah dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Saya dan beberapa keluarga mengantar langsung keberangkatan paman di sana," kata Noralisa.

Namun sejak mengantar di bandara, Noralisa telah menaruh curiga kepada pihak travel.

Pasalnya, semua calon haji yang mendaftar melalui biro jasa itu dilarang menggunakan atribut haji.

Selain itu, para calon haji juga diminta membayar biaya tambahan sebesar Rp10 juta per orang dengan dalih untuk membayar dam atau denda karena ada kesalahan administrasi.

Dalam perjalanan, para calon haji tersebut tidak langsung menuju ke Jeddah.

Mereka mampir ke sejumlah negara, seperti Singapura, New Delhi India, dan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Paman saya dan para calon haji lainnya yang jumlah puluhan orang itu tertahan di Abu Dhabi ini, dan tidak bisa masuk ke Mekkah, karena belakangan diketahui bahwa visa yang digunakan adalah visa ziarah," kata Noralisa.

Sementara itu, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sampang Syamsuri menyatakan, kasus gagalnya pelaksanaan ibadah haji yang menimpa sekitar 40 orang calon haji asal Sampang itu, bukan tanggung jawab institusinya.

"Itu bukan tanggung jawab kami, karena kami hanya menangani haji reguler, yakni haji yang resmi ditangani oleh pemerintah, bukan melalui PT," katanya dikutip Antara.

Sumber: CNN Indonesia


Name

Berita,2017,Beritan,1,Internasional,66,Nasional,1948,Opini,13,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Waduh, Jualan Agama Kembali Makan Korban, Ketahuan Petugas Arab Saudi, 40 Jemaah Haji Indonesia Dilarang Masuk Mekkah
Waduh, Jualan Agama Kembali Makan Korban, Ketahuan Petugas Arab Saudi, 40 Jemaah Haji Indonesia Dilarang Masuk Mekkah
https://akcdn.detik.net.id/visual/2017/07/28/da09d1ea-5b49-4e54-a11d-3e90a72691bb_169.jpg?w=650
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/08/waduh-jualan-agama-kembali-makan-korban.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/08/waduh-jualan-agama-kembali-makan-korban.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy