$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Nenek 68 Tahun Menari Tari Berumur Ratusan Tahun Dalam Keadaan Kerasukan, Bule ini Akui Merinding

PATRIOTNKRI.COM -  Ritual adat Seblang Bakungan kembali digelar masyarakat Using Banyuwangi. Tradisi yang telah berlangsung selama ratus...

banyuwangi_20180827_181115.jpg

PATRIOTNKRI.COM - Ritual adat Seblang Bakungan kembali digelar masyarakat Using Banyuwangi.

Tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun tersebut digelar di Balai Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Minggu (26/8/2018) malam, tepatnya satu minggu usai hari raya Idul Adha.

Ritual Seblang Bakungan merupakan rangkaian tarian yang dibawakan oleh wanita tua dalam kondisi trans atau kehilangan kesadaran.

Tariannya yang magis membuat ritual ini menjadi tontonan menarik yang mampu memikat para wisatawan, baik lokal maupun manca negara.

Otto Paul Draeger, salah satunya.

Wisatawan asal Jerman ini mengaku terpukau menyaksikan tarian ini.

"Saya sangat terhibur menyaksikan ritual ini. Apalagi setelah tahu kalau penarinya dalam kondisi kerasukan roh. Saya sempat merinding," kata Otto.

Demikian juga kata Agnes, dari Hongaria.

Menurutnya, tradisi ini kental gotong royong.

"Saya terkesan dengan budaya gotong royong warga Bakungan. Ini tradisi yang harus dilestarikan," kata dia.

Tahun ini, seblang ditarikan oleh Supani, seorang wanita berusia 68 tahun yang telah menari seblang selama lima tahun berturut-turut.

Supani merupakan keturunan Seblang Misna yang telah pensiun menjadi seblang 15 tahun yang lalu.

Dalam ritualnya, setelah dibacakan mantra dan doa, sesaat kemudian seblang langsung kerasukan roh dan menari mengikuti irama gending yang mengiringinya.

Selama semalam suntuk, penari seblang akan menari dengan diiringi puluhan gending.

Diantaranya, kodok ngorek dan seblang lukinto.

"Semoga seblang bakungan ini tidak hanya menjadi seni pertunjukan, tapi sebagai penguatan budaya yang ada di Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas mengatakan, Banyuwangi konsisten mengangkat tradisi dan budaya lokal sebagai salah satu daya tarik pariwisata. Salah satunya melalui event festival seperti ini.

"Bagi Banyuwangi, festival bukan sekedar cara untuk mendatangkan wisatawan, tapi juga cara untuk menguatkan gotong royong, pemahaman dan pelestarian budaya. Sehingga tradisi dan budaya lokal tetap tumbuh subur di tengah modernitas," imbuhnya.

Ritual ini merupakan upacara penyucian desa untuk bersyukur kepada Allah dan memohon agar seluruh warga desa diberi ketenangan, kedamaian, keamanan dan kemudahan dalam mendapatkan rezeki halal, serta dijauhkan dari segala mara bahaya.

Seblang adalah singkatan dari 'sebele ilang' atau sialnya hilang. Di Banyuwangi, seblang dapat ditemui di dua tempat, yakni Kelurahan Olehsari dan Bakungan.

Sebelum seblang dimainkan, diawali tumpengan bersama warga di sepanjang jalan menuju Bakungan yang dimulai seusai maghrib.

Sebelumnya warga sholat maghrib dab sholat hajat di Masjid desa.

Lalu dilanjutkan parade oncor (obor) keliling desa (ider bumi).

Selanjutnya, di bawah temaram api obor warga desa makan tumpeng bersama di sepanjang jalan desa. (haorrahman)

Sumber: tribunnews.com


Name

Berita,1667,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1601,Opini,12,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Nenek 68 Tahun Menari Tari Berumur Ratusan Tahun Dalam Keadaan Kerasukan, Bule ini Akui Merinding
Nenek 68 Tahun Menari Tari Berumur Ratusan Tahun Dalam Keadaan Kerasukan, Bule ini Akui Merinding
http://cdn2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/banyuwangi_20180827_181115.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/08/nenek-68-tahun-menari-tari-berumur.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/08/nenek-68-tahun-menari-tari-berumur.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy