$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Klo Gak Bisa Kerja Mah Bebas. Di Kritik TV Al-Jazeera, Pemprov DKI Jakarta Malah Salahkan Pembangunan Infrastruktur

PATRIOTNKRI.COM - Ibu kota Jakarta kembali menjadi sorotan dunia. Sayangnya, sorotan tersebut bukan karena prestasi atau keindahannya....



PATRIOTNKRI.COM - Ibu kota Jakarta kembali menjadi sorotan dunia.

Sayangnya, sorotan tersebut bukan karena prestasi atau keindahannya.

Namun karena polusi udaranya.

Salah satu media asing Al Jazeera juga menerbitkan berita berjudul

“Air pollution welcomes athletes in Jakarta for Asian Games“.

Berita yang dimuat pada 17 Agustus lalu itu menyeroti buruknya kualitas udara di DKI yang mengancam kesehatan atlit yang bertanding.

Berita senada juga pernah dipublikasikan oleh BBC Indonesia.

Menangapi itu, Agung mengaku perlu memeriksa kembali datanya.

Pembangunan proyek infrastruktur yang marak dituding turut menyumbang polusi udara di DKI Jakarta memburuk.

Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Agung Pujo Winarko berujar pembangunan infrastruktur menimbulkan debu.

Debu itu masuk dalam kategori Particulate Matter (PM), salah satu item mengukur indeks pencemaran udara (polusi udara).

"Misalnya, kita kan lagi bangun MRT, LRT, ruas tol dalam kota. Terus ada juga underpass dan flyover," kata Agung kepada Tempo, Kamis, 23 Agustus 2018.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) Ahmad Safrudin menyebut pencemaran udara di Ibu Kota dalam lima tahun terakhir relatif tinggi.

Dihitung dengan parameter dominan PM2.5, PM10 dan SO2.

Kesimpulan itu dilihat Ahmad Safrudin dari hasil pantauan kualitas udara oleh Pemprov DKI Jakarta dari 2012-2017 dan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari 2016-2017.


Namun, jika benar demikian, Agung menilai peningkatan pencemaran udara itu wajar seiring dengan geliat pembangunan infrastruktur dalam lima tahun terakhir.|

Simak : Polusi Udara di Jakarta Disebut Terburuk, Anies: Kenyataannya...

"Relevan kalau jadi tinggi. Pembangunan di Jakarta lagi heboh-hebohnya. Itu berkolerasi terhadap debu yang timbul," kata Agung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji tidak membantah tingkat pencemaran udara di Ibu Kota tinggi jika dihitung menggunakan parameter PM2.5 atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikrometer.

Namun, parameter itu tidak digunakan di Indonesia.

Isnawa menuturkan, DKI Jakarta dan daerah lain di Indonesia masih menggunakan standar yang ada di Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 45 tahun 1997 tentang Indeks Standar Pencemaran Udara yakni menggunakan PM10, Partikel yang jauh lebih kecil besar dari PM2.5.

"Kalau PM2.5 itu dipakai ya jeblok Jakarta," kata Iswana kepada Tempo, Kamis, 23 Agustus 2018.

Isnawa menambahkan, selain debu infrastruktur, faktor lain penyebab tingginya pencemaran udara di DKI Jakarta adalah emisi gas buang kendaraan.

Masalah utamanya, kata Iswana, mayoritas bahan bakar kendaraan di Indonesia masih menggunakan standar Euro 3.

Sementara di negara-negara Eropa sudah menerapkan standar Euro 4 bahkan 5.

Pada standar Euro 4, kandungan Nitrogen oksida (NOx) pada kendaraan berbahan bakar bensin tidak boleh lebih dari 80 mg/km dan untuk mesin diesel tidak boleh lebih 250 mg/km.

 "Jadi kita masih pakai Euro 3, udah kendaraannya banyak, penggunaan oktannya masih polutif pula," kata Iswana soal polusi udara Jakarta.

Sumber; tempo.co


Name

Berita,2017,Beritan,1,Internasional,66,Nasional,1948,Opini,13,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Klo Gak Bisa Kerja Mah Bebas. Di Kritik TV Al-Jazeera, Pemprov DKI Jakarta Malah Salahkan Pembangunan Infrastruktur
Klo Gak Bisa Kerja Mah Bebas. Di Kritik TV Al-Jazeera, Pemprov DKI Jakarta Malah Salahkan Pembangunan Infrastruktur
https://4.bp.blogspot.com/-YRa_OvwLtdY/W36TJcKhOcI/AAAAAAAADZo/_WW50vTs1jIv4My6yjQ3B-v9PI_iM9dEgCLcBGAs/s640/Untitled.png
https://4.bp.blogspot.com/-YRa_OvwLtdY/W36TJcKhOcI/AAAAAAAADZo/_WW50vTs1jIv4My6yjQ3B-v9PI_iM9dEgCLcBGAs/s72-c/Untitled.png
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/08/klo-gak-bisa-kerja-mah-bebas-di-kritik.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/08/klo-gak-bisa-kerja-mah-bebas-di-kritik.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy