$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Membawa Kedamaian, Saat Islam Memberikan Cahayanya Kepada Hongkong

PATRIOTNKRI.COM -  Dikepung gedung jangkung. Berjejal dengan deretan toko dan rumah makan kondang. Bangunan di jantung kota itu terus be...



PATRIOTNKRI.COM - Dikepung gedung jangkung. Berjejal dengan deretan toko dan rumah makan kondang. Bangunan di jantung kota itu terus berdetak. Tetap tegar di tengah hiruk-pikuk. Tak goyah oleh gegasnya putaran roda hidup di pusat ekonomi dunia itu.

Terlihat mencolok. Bentuknya berbeda dengan arsitektur sekelilingnya. Empat menara di atap gagah menjulang. Memagari kubah putih pada bagian tengah. Benar-benar anggun di tengah kerubutan gedung bergaya modern.

Ada tiga pintu masuk. Tak kalah artistik. Kaligrafi indah terpahat pada dinding bagian depan. Semua orang yang datang harus meniti undakan untuk sampai pada setiap gerbangnya.

 Masjid Kowloon

Inilah Masjid Kowloon. Tempat ibadah muslim di Hong Kong, pulau perdikan China yang berjuluk Pearl of Orient. Rabu akhir April lalu, kami berkunjung ke surau besar di bekas koloni Inggris tersebut.

Tengah hari itu, keriuhan burung kami. Masjid ini ramai pengunjung. Banyak jemaah datang untuk sholat Zuhur. Para arah juga terlihat wira-wiri. Tempat ini memang jadi magnet. Dikunjungi banyak orang, baik untuk beribadah atau hubungan berlibur.

 Masjid Kowloon, Hong Kong

Lokasinya strategis. Berada di pusat Kota Hong Kong. Di Tsim Sha Tsui dan Kowloon. Tepatnya di Nathan Road, tepatnya di samping Kowloon Park. Berdekatan dengan stasiun kereta di bawah tanah Tsim Sha Tsui, membuat tempat ini semakin mudah dicapai.

 Masjid Kowloon

Masjid yang pertama kali dibangun tahun 1896 ini memang beken dengan keunikan arsitekturnya. Hal-hal yang terlihat dari udara, terlihat bentuk kotak berlapis dua. Menambah indah dengan ornamen kubah dan empat menaranya.

 Masjid Kowloon

Beruntunglah siang itu, kami mengizinkan pemasangan masjid IM Kadri ini. Dari dalam, terlihat ventilasi (roster GRC) dengan lengkung lengkung. Sungguh menawan.

Masjid ini punya tiga lantai. Bagian dasar dipakai mengaji jemaah laki-laki. Bagian tengah untuk mengaji kaum perempuan. Tingkat paling atas merupakan tempat sholat jamaah pria.

 Interior Masjid Kowloon

Lantai satu masjid ini jadi ruang utama. Dinding terbuat dari batu granit putih. Dua lampu kristal seperti sarang tawon beredar indah di langit-langit. Cahanya sanggup menyilaukan mata siapa saja yang menatapnya.

 Masjid Kowloon, Oase di 'Hutan Beton' Hong Kong

Seperti tempat ibadah Muslim pada umumnya. Masjid Kowloon juga punya mimbar. Di sana, tersedia pula bangku-bangku untuk memudahkan para lansia sholat.

 Masjid Kowloon

Bagi kita yang baru pertama kali ke sini, jangan khawatir. Ada banyak petunjuk. Mulai penunjuk arah tempat untuk pria dan wanita, larangan panggilan telepon seluler, dan peringatan lainnya.

 Masjid Kowloon

Bagian lain yang juga unik di masjid ini adalah tempat wudu. Di setiap poros, disediakan tempat duduk. Bentuknya silinder. Sehingga, memungkinkan bagi siapa saja yang ingin bersuci.

 Masjid Kowloon, Oase di 'Hutan Beton' Hong Kong

Di dekat pintu masuk, juga tersedia air minum otomotis untuk pengunjung yang kehausan. Dilengkapi rak menyeluruh gelas-gelas.

 Masjid Kowloon

Bagi Anda yang ingin berkunjug ke Masjid Kowloon harap diperhatikan: tak ada tempat parkir di sini. Baik untuk roda dua atau empat.

 Masjid Kowloon

Pada kunjungan dalam rangkaian kegiatan Mega Muslim FamTrip Hong Kong Tourism Board ini juga kami berbaur dengan Saeed Uddin, Sekretaris Wali Amanat dan Pendanaan Komunitas Islami Hong Kong.

Mimpi dan beberapa media lainnya diberikan berbincang tentang sejarah panjang masjid berkapasitas 3.500 jemaah ini. Selain itu juga tentang perkembangan Islam di Hong Kong.

Kata Saeed, Surau yang dibangkitkan oleh Zoheir Tyebkhan, berasal dari India, ini hanya bisa jadi tempat ibadah. Tapi juga sebagai titik kumpul komunitas Islam yang datang dari seluruh penjuru Hong Kong. Di masjid inilah mereka berdiskusi, hingga melakukan beragam kegiatan.

 Sekretaris Wali Amanat dan Pendanaan Komunitas Islami Hong Kong, Saeed Uddin

Berikut petikan wawanclied:

Bisa Anda Ceritakan Sejarah Masjid Ini?

Masjid Kowloon, salah satu masjid di sini dan sejarahnya berawal dari kedatangan tentara dari negara timur tengah. Saat itu dari Pakistan dan Bangladesh, yang tentu termasuk tentara muslim.

Mereka datang dan tinggal di beberapa negara Hong Kong, mungkin dan tinggal di sini, mungkin tidak dekat sini, tapi dekat sini dan mereka mulai menunaikan ibadah di sini.

Jadi masjid ini berawal dari sebuah kawasan kecil, masjid kecil. Kemudian orang-orang yang ada di sini memberikan lokasi bagi kami untuk membangun masjid.

Dari sanalah akhirnya kami sekarang memiliki 5 masjid di Hong Kong, yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Masjid Kowloon itu awalnya merupakan lokasi yang kecil, tetapi pada tahun 1974, kami memulai menjadi lebih besar dan selesai 1984. Lalu di 2005-2006, kami kembali melakukan renovasi di bagian interior masjid, menambah kantor, perpustakaan dan lain-lain.

Dan di bagian kiri dan kanan masjid ini kami membuat dua aula yang dapat mengangkat 100-150


Name

Berita,2637,Beritan,2,Internasional,72,Nasional,2562,Opini,14,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Membawa Kedamaian, Saat Islam Memberikan Cahayanya Kepada Hongkong
Membawa Kedamaian, Saat Islam Memberikan Cahayanya Kepada Hongkong
https://1.bp.blogspot.com/-rr6vu9UfsBI/WvjzPh7wzEI/AAAAAAAADFs/5C5kmdLN7-MDd99hZWGmZpfxPOUn66GKgCLcBGAs/s640/masjid-kowloon.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-rr6vu9UfsBI/WvjzPh7wzEI/AAAAAAAADFs/5C5kmdLN7-MDd99hZWGmZpfxPOUn66GKgCLcBGAs/s72-c/masjid-kowloon.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/05/membawa-kedamaian-saat-islam-memberikan.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/05/membawa-kedamaian-saat-islam-memberikan.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy