$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Gak Kuat Jangan Baca, Wawancara Dengan Polisi Ex-Sandera Teroris Mako Brimob, Mulai Disiram Air Mendidih Hingga...

PATRIOTNKRI.COM -  Tahanan dan narapidana teroris memperlakukan anggota Polri dengan keji. Bripka Iwan Sarjana, anggota Densus 88 yang sel...

Kapolri Jendral Tito Karnavian saat menjenguk Bripka Iwan Sarjana

PATRIOTNKRI.COM - Tahanan dan narapidana teroris memperlakukan anggota Polri dengan keji. Bripka Iwan Sarjana, anggota Densus 88 yang selamat dari penyanderaan selama 40 jam pada Selasa-Kamis lalu, mengisahkan bagaimana dirinya disiksa di dalam rutan Mako Brimob. Berikut wawancara eksklusif wartawan Jawa Pos Ilham Dwi Ridlo Wancoko dengan Iwan.

Apa kabar, Mas Iwan?

(Iwan tidak langsung menjawab. Dia menghela napas beberapa detik sebelum merespons) Baik, Mas. Saya mulai sembuh

Semoga cepat sembuh, ya?

Amin. Makasih, Mas.

Saat ini masyarakat ingin mengetahui bagaimana awal mula kejadian penyanderaan itu?

Saat itu saya sedang di ruang pemeriksaan. Mendengar ada ribut-ribut di luar ruangan. Tapi, saya pikir itu hal yang biasa saja. Sebab, memang rutan Mako Brimob ini berbeda dengan rutan atau penjara lainnya.

Saat dikepung itu, bagaimana kondisinya?

Mereka mencoba melukai dan melumpuhkan saya dengan berbagai barang yang keras. Batu, meja, kursi, dan sebagainya. Belasan hingga puluhan orang. Tapi, saya berusaha menyelamatkan diri. Saya masuk ke dalam ruang penyidik atau ruang staf. Di sana sudah ada beberapa rekan saya seperti almarhum Pak Yudi Rospuji, almarhum Fandy Setyo Nugroho, dan dua rekan lain seingat saya.

Kami berupaya menghalau tahanan dan napi masuk ke ruang penyidik. Gagang pintu saat itu sudah jebol. Kami berupaya menahan mereka masuk dengan menggeser kursi dan meja besi di depan pintu. Kondisi sudah crowded atau penuh sesak. Napi mengepung dari segala penjuru. Jendela kaca juga dipecah dengan kursi besi. Tapi, kami semua satu tim masih terus bertahan selama mungkin.

Apa hal terkeji yang dilakukan teroris itu?

Tidak hanya dipukul, ditendang, rantai itu dipukulkan ke saya. Bahkan, setelah sampai di sel Blok A, mata ditutup kain dan tangan diikat. Saya disuruh menghadap tembok. Selanjutnya, byur... Air mendidih disiramkan ke punggung. Saya berteriak, tapi tetap mencoba bertahan. Sakit bukan kepalang. Tapi, saya yakin ini akan berlalu.

Dari mana air mendidih itu?

Saya tidak mengetahuinya. Saya jarang sekali masuk ke sel tahanan dan napi. Mungkin mereka habis masak atau bagaimana.

Apakah benar tahanan protes soal makanan?

Makanan di rutan itu dari pemerintah sangat baik. Lalu, dengan alasan kemanusiaan, kami memperbolehkan napi mendapatkan makanan dari keluarga yang membesuk karena kemanusiaan. Tapi, bukan berarti tidak diseleksi. Sebab, alasan keamanan, jangan sampai memasukkan sesuatu yang berbahaya.

Akhirnya, setiap makanan yang dibawa pembesuk diperiksa. Hal itu biasa dalam proses pengamanan. Kami tetap ingin manusiawi kepada tahanan dan napi. Tapi, kami juga harus mempertimbangkan keamanan.

Sumber: Jawapos.com


Name

Berita,1761,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1694,Opini,13,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Gak Kuat Jangan Baca, Wawancara Dengan Polisi Ex-Sandera Teroris Mako Brimob, Mulai Disiram Air Mendidih Hingga...
Gak Kuat Jangan Baca, Wawancara Dengan Polisi Ex-Sandera Teroris Mako Brimob, Mulai Disiram Air Mendidih Hingga...
https://www.jawapos.com/thumbs/l/news/2018/05/13/eksklusif-iwan-sarjana-polisi-yang-selamat-dari-penyanderaan-1_m_212100.jpeg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/05/gak-kuat-jangan-baca-wawancara-dengan.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/05/gak-kuat-jangan-baca-wawancara-dengan.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy