$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Teriak Takbir Tapi Perilaku Syetan, Peneliti LIPI: Cara Kerja #2019 Ganti Presiden Adalah Warisan Orde Baru

PATRIOTNKRI.COM -  Sebuah video viral di sosial media menggambarkan dugaan intimidasi sejumlah orang yang memakai kaus dengan tulisan #201...

Image result for wanita diintimidasi 2019 ganti presiden

PATRIOTNKRI.COM - Sebuah video viral di sosial media menggambarkan dugaan intimidasi sejumlah orang yang memakai kaus dengan tulisan #2019GantiPresiden. Hal itu dinilai sebagai bentuk pemaksaan kehendak seperti era Orde Baru (Orba).

Peneliti Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyebut tindakan tersebut memalukan.

"Sungguh memalukan melihat perilaku intimidasi dan tidak beradab dari gerakan yg menamakan diri #2019GantiPresiden. Cara intimidasi dan pemaksaan kehendak seperti ini adalah warisan paling otentik dari rezim otoriter Orde Baru," ujar Haris, melalui akun Twitter @sy_haris.


Menurutnya, momen CFD seharusnya bebas dari kepentingan politik. Sebab, wilayah CFD adalah ruang publik bebas polusi bagi semua warga untuk saling menyapa, rekreasi, dan berolahraga tanpa memandang latar belakang politik dan SARA.

"Karena itu CFD harus bebas dari kegiatan politik partisan atas nama apapun," tandasnya.

Hal itu mulai mengemuka saat sebuah video yang diunggah oleh akun Jakartanicus, pada Sabtu (28/4), di Youtube, memperlihatkan aksi intimidasi sekelompok warga yang memakai kaus bertuliskan #2019GantiPresiden, yang diduga terjadi saat ajang Car Free Day (CFD), di sekitar Bundaran HI, Jakarta.

Awalnya, video itu menggambarkan sejumlah orang yang mengenakan kaus berbaris #2019GantiPresiden sambil membawa pesan-pesan politik.

"Kami mendukung #2019GantiPresiden," demikian tulisan sebuah poster yang dibawa warga.

"2019 ganti Presiden, takbir!" cetus seseorang dari balik kamera. Hal itu dijawab sekelompok ibu-ibu, "Allahu Akbar!".

Dua orang polisi tampak memantau kondisi CFD itu.

Suasana mulai riuh saat sepasang pria dan wanita melintas dengan memakai kaus bertuliskan #DiaSibukKerja. Massa berkaus #2019GantiPresiden menyorakinya, "Cebong, cebong, cebong".

Seorang pria kemudian melintas dengan berpakaian #DiaSibukKerja. Kali ini sekelompok warga mulai meringsek kepadanya sambil menyodorkan lembaran uang.

"Cebong kena, woy." "Nih, dibayar nih, mau enggak?". Demikian ujar sejumlah pria sambil mengerumininya. Lelaki itu hanya bisa mengelak, "Enggak dibayar. Sumpah".


Lantas tampak seorang ibu dan kemungkinan anaknya melintas di sekitar kawasan Bundaran HI dengan tetap dikerumuni sejumlah pria. Ia juga mendapat perlakuan serupa; warga melambai-lambaikan lembaran uang sambil meneriakinya.

Seorang pria yang memakai kaus #2019GantiPresiden kemudian memisahkannya dengan gerombolan pria yang menekannya.

"Kita enggak takut, ya Pi, kita benar! Kita enggak akan pernah takut!" cetus ibu tersebut, kepada sang anak yang tengah menangis.

"Masya Allah kalian ini. Masy Allah! Ibu-ibu kalian beginikan, perlakukan seperti ini. Muslim apa kalian?" sambungnya, dengan nada tinggi.

Panglima Gerakan Pemuda Jakarta (GPJ) GPJ Ade Selon mengatakan pihaknya sebenarnya sudah membatalkan acara tersebut. Sebab, ada imbauan dari pihak kepolisian karena kegiatannya berbarengan dengan cara massa #DiaSibukKerja.

"Tapi kalau ada yang mau datang ya silakan, kan tidak memungkiri kalau temen-temen ada yang mau datang ke car free day (CFD), karena itu hari Minggu, hari keluarga. Itu hak masyarakat," kata dia. (gil)

sumber: CNN Indonesia


Name

Berita,1986,Beritan,1,Internasional,66,Nasional,1917,Opini,13,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Teriak Takbir Tapi Perilaku Syetan, Peneliti LIPI: Cara Kerja #2019 Ganti Presiden Adalah Warisan Orde Baru
Teriak Takbir Tapi Perilaku Syetan, Peneliti LIPI: Cara Kerja #2019 Ganti Presiden Adalah Warisan Orde Baru
https://sticky.co.id/wp-content/uploads/2018/04/bentuk-tim-selidiki-intimidasi-massa-kaos-2019gantipresiden-di-car-free-day-polisi-akan-periksa-orang-ini.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/04/teriak-takbir-tapi-perilaku-syetan.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/04/teriak-takbir-tapi-perilaku-syetan.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy