$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Breaking News: Kondisi Ustad Yang Minta Pengikutnya Dukung ISIS Makin Lemah, MUI Mohon Jokowi Berikan Remisi

PATRIOTNKRI.COM - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengaku pernah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo, a...

http://www.voa-islam.com/photos3/ustadz-Baasyir-serukan-jihad.jpg

PATRIOTNKRI.COM - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengaku pernah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo, agar Ustaz Abu Bakar Baasyir dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Hal ini terkait dengan permintaan sejumlah ulama agar ustaz yang tengah menjalani hukuman pidana tersebut mendapatkan perawatan yang layak di RSCM.

"Saya pernah menyampaikan dan presiden merespons bagus. Ya setuju, dan beliau sangat apresiasi untuk bagaimana beliau di rawat rumah sakit," ucap Kiai Ma'ruf di kompleks Istana Negara, Jakarta pada Rabu (28/2).

Ustaz Abu yang dijatuhi vonis penjara selama 15 tahun, belakangan kondisi kesehatannya terus menurun. Bahkan sering sakit-sakitan akibat pembengkakan di kakinya.

Nah, Kiai Ma'ruf tidak hanya meminta ustaz yang telah menjalani masa hukuman sekitar sembilan tahun tersebut diobati, tapi juga berharap presiden memberikan grasi untuknya.

"Beliau (Baasyir) sakit supaya diobati. Kemudian juga diberikan semacam kalau bisa dikasih grasi, ya itu terserah presiden," pungkasnya.

Sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir mengatakan mendukung gerakan pembentukan kekhalifahan Islam oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sebelumnya, Ba'asyir, yang disebut-sebut sebagai pemimpin spiritual meminta para pengikutnya mendukung ISIS.

"Ba'asyir juga meminta kepada para pengikutnya untuk mendukung ISIS," kata ketua Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) Mochammad Achwan. JAT adalah organisasi yang didirikan oleh Ba'asyir setelah keluar dari Jemaah Islamiah, yang dinyatakan berada di belakang bom Bali 2002 dan beberapa kasus terorisme.

"Ba'asyir mengatakan kepada kami untuk mendukung perjuangan ISIS karena tiga hal. Ada pemimpinnya, bisa melaksanakan syariat, dan dideklarasikan. Tapi Pak Ba'asyir belum berbaiat (menyatakan sumpah setia)," kata Achwan kepada BBC Indonesia.

"Pak Ba'asyir baru sebatas mendukung," katanya. Achwan enggan menjelaskan secara rinci bentuk dukungan kepada ISIS, tetapi mengatakan sejumlah anggota JAT telah pergi ke Suriah dan bergabung dengan ISIS dan Jabhat al-Nusra.

Jabhat al-Nusra merupakan sebuah organisasi militan Islam di Suriah yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda.

Sementara itu, pengamat masalah-masalah terorisme, Taufik Andrie, mengatakan, dukungan yang diberikan Ba'asyir bisa berpengaruh kepada para pengikutnya, tetapi secara umum peran kepemimpinan dalam kelompok jihad tidak terlalu banyak berperan.

"Dinamika jihad global itu membutuhkan keputusan yang sifatnya segera dan individu memungkinan untuk mengambil peran di sini. Tanpa keputusan amir (pemimpin) pun mereka dapat mengambil keputusan secara individu karena ada ruangnya yaitu di Suriah dan Irak," jelas Taufik.

Selain Abu Bakar Ba’asyir, terpidana terorisme yang mendukung ISIS adalah Aman Abdurrahman, yang divonis sembilan tahun penjara karena kasus pelatihan terorisme di Aceh.

 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme menyatakan anggota kelompok militan dari Indonesia bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak, tetapi tidak dapat memastikan jumlah mereka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Abu Bakar Ba'asyir Minta Pengikutnya Dukung ISIS"


Name

Berita,1644,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1578,Opini,12,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Breaking News: Kondisi Ustad Yang Minta Pengikutnya Dukung ISIS Makin Lemah, MUI Mohon Jokowi Berikan Remisi
Breaking News: Kondisi Ustad Yang Minta Pengikutnya Dukung ISIS Makin Lemah, MUI Mohon Jokowi Berikan Remisi
http://www.voa-islam.com/photos3/ustadz-Baasyir-serukan-jihad.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/03/breaking-news-kondisi-ustad-yang-minta.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/03/breaking-news-kondisi-ustad-yang-minta.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy