$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Bongkar Trotoar Versi Djarot, Keren Dan Berkonsep Toleransi & Kebhinekaan, Begini Trotoar Baru Ala Anies-Sandi

PATRIOTNKRI.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menata ulang jalan dan trotoar di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH. Thamrin sep...

https://akcdn.detik.net.id/visual/2018/03/03/780cf80a-da77-422d-91de-eb0a1effe6b6_169.jpeg?w=650
PATRIOTNKRI.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menata ulang jalan dan trotoar di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH. Thamrin sepanjang 6,6 kilometer.

Dalam konsep penataan yang telah disetujui Anies, Jalan Sudirman-MH. Thamrin akan memiliki satu lajur untuk Transjakarta, tiga lajur untuk kendaraan roda empat, dan satu lajur untuk kendaraan roda dua dan bus reguler. Jalur cepat dan lambat pun dihilangkan.

Trotoar yang ada, akan dilebarkan sebanyak 8-12 meter. Pola batik, tenun, anyaman, dan ukiran Nusantara akan diaplikasikan pada trotoar di setiap titik Stasiun MRT.

Misalnya, pola lantai batik Sumatera di Stasiun Bundaran Senayan dan pola lantai batik Jawa di Stasiun Istora.


Adapun area penataan jalan dan trotoar yakni Patung Pemuda Membangun, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran Hotel Indonesia), dan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.



Adapun pembiayaan penataan trotoar berasal dari kompensasi pelampauan kelebihan lantai bangunan (KLB) PT Mass Rapid Transit (MRT), PT Kepland Investama, dan PT Mitra Panca Persada.

Dengan demikian, Pemprov DKI tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk penataan Sudirman-MH Thamrin

Pembagian pengerjaannya, yakni PT MRT Jakarta mengerjakan penataan trotoar di enam stasiun yang berjarak sekitar 200 meter di setiap area stasiun.

Kemudian, PT Kepland Investama mengerjakan penataan trotoar segmen Patung Kuda sampai dengan Kali Krukut.

Terakhir, PT Mitra Panca Persada mengerjakan penataan trotoar segmen Kali Krukut sampai dengan Patung Pemuda dan segmen Kartika Candra hingga Jakarta Convention Center.

Dipastikan Steril dari PKL

Penataan trotoar dan Jalan Sudirman dan MH Thamrin juga dipastikan steril dari pedagang kaki lima (PKL). Anies menyebut, trotoar di kawasan ring satu Istana itu akan bersih dari pedagang makanan dan minuman.

"Pertama, trotoar sepanjang Sudirman-MH Thamrin bukan tempat berjualan pedagang kaki lima. Di sini adalah tempat untuk para pejalan kaki, tidak ada yang lain," kata Anies.

Penataan PKL, kata Anies, akan diatur secara tersendiri sembari Pemprov berkoordinasi dengan pemilik gedung untuk menampung para PKL.

"Karena banyak wilayah-wilayah di belakang sana yang bisa dipakai. Di wilayah belakang gedung-gedung, di samping kanan dan kiri gedung, tetapi bukan di depan gedung," tutur Anies.

Anies mengakui bahwa penataan trotoar dan jalan perlu waktu karena Pemprov DKI harus berbicara dengan pemilik atau pengelola gedung, maupun PKL yang akan direlokasi.

Lihat juga: Sandiaga Akan Carikan Lokasi Baru untuk PKL Sudirman

Meski tidak ada PKL, Pemprov DKI akan menyiapkan kios-kios non-kuliner untuk menunjang kebutuhan warga sekitar, khususnya pekerja di kawasan Sudirman-Thamrin.

"Kios penunjang yang nanti akan dibuatkan. Jadi kemungkinan besar seperti (kios) majalah, koran, kartu Transjakarta. Jadi, kios-kiosnya itu bukan kios makanan tetapi kios penunjang yang memang relevan dengan kegiatan di tempat itu," kata Anies.

Selain steril dari PKL, Anies menyebut akan menyediakan ruang budaya di beberapa titik trotoar. Titik itu nantinya memungkinkan kegiatan seni seperti nyanyian dan tari diselenggarakan setiap sore hari. Istilahnya, kata Anies, adalah Sabuk Nusantara.

Kemudian, akan terdapat beberapa titik di trotoar yang dipasang kaca transparan. Sehingga, warga bisa melihat utilitas di bawahnya. Anies menyebutnya sebagai fasilitas edukasi.

"Jalan-jalan di bawahnya banyak saluran, pipa pembuangan air, aliran air bersih, kabel-kabel. Kita pastikan ada lubang di mana anak-anak kita bisa melihat di bawah trotoar ada apa," kata Anies.

Sumber: Cnn Indonesia


Name

Berita,1659,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1593,Opini,12,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Bongkar Trotoar Versi Djarot, Keren Dan Berkonsep Toleransi & Kebhinekaan, Begini Trotoar Baru Ala Anies-Sandi
Bongkar Trotoar Versi Djarot, Keren Dan Berkonsep Toleransi & Kebhinekaan, Begini Trotoar Baru Ala Anies-Sandi
https://akcdn.detik.net.id/visual/2018/03/03/780cf80a-da77-422d-91de-eb0a1effe6b6_169.jpeg?w=650
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/03/benar-benar-keren-dan-berkonsep-nkri.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/03/benar-benar-keren-dan-berkonsep-nkri.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy