$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Akhirnya Gak Bisa Ngelak, Kominfo Akui Adaya Penyalahgunaan Data NIK dan KK

  PATRIOTNKRI.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merespons kasus yang dialami Aninda Indrastiwi, pengguna Indosat Oore...

 https://marketing.co.id/wp-content/uploads/2018/02/Bonus-10GB_3.jpg

PATRIOTNKRI.COM -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merespons kasus yang dialami Aninda Indrastiwi, pengguna Indosat Ooredoo. Korban melaporkan NIK dan KK-nya digunakan 50 lebih nomor tak dikenal untuk registrasi ulang kartu SIM.

Kepala Biro Humas Kominfo Noor Iza menyatakan bahwa pencurian data saat proses registrasi mungkin terjadi, terutama jika pengguna kartu SIM tidak berhati-hati dalam memberikan identitasnya.

Pria yang kerap disapa Noor itu menyatakan kasus yang dialami Aninda bukan kebocoran data dari pihak pemerintah atau operator. Namun mungkin terjadi ketika pengguna memberikan identitasnya kepada pihak lain.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini tengah bekerja sama dengan kepolisian untuk menemukan pelaku yang menyalahgunakan identitas korban.

"Kominfo sedang proses kerjasama dengan polisi. Sudah ada komunikasi dengan polisi. Perlu duduk bersama untuk kasus ini," ujarnya melalui sambungan telepon pada CNNIndonesia.com, Senin (5/3).

Kominfo meminta masyarakat tetap berhati-hati menjaga identitas individu agar tidak diberikan kepada orang-orang yang tidak berhak. Begitu juga, ketika meminta bantuan untuk registrasi kartu prabayar agar data NIK dan KK tidak dibagikan kepada pihak yang tidak berwenang.

"Yang terjadi saat ini yang menjadi berita adalah penyalahgunaan NIK dan KK yang digunakan registrasi secara tanpa hak dan bukan terjadi kebocoran data ... Jangan sampai dicatat, difoto, difotokopi kecuali pada gerai milik operator langsung," paparnya.

Terkait kasus Aninda, Noor mengatakan telah menindaklanjutinya dengan melakukan komunikasi dengan korban. Nomor tak dikenal yang menggunakan identitas Aninda juga telah diblokir.

Korban sendiri sempat mengaku telah melaporkan insiden ini kepada pihak berwajib. Sayangnya, Noor tidak tahu apakah Aninda dan Kominfo akan melakukan upaya hukum bersama untuk menemukan pelaku.

Sebelumnya, Aninda melaporkan pencurian identitasnya melalui Twitter kepada Indosat Oordeoo dan Kominfo. Deva Rachman, Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, membenarkan laporan tersebut kemarin dan berjanji akan mematikan nomor-nomor tak jelas di KK dan NIK korban.

Sumber: cnn Indonesia.com dengan judul  Kominfo Akui 'Pencurian' NIK dan KK Saat Registrasi Kartu SIM


Name

Berita,1659,Beritan,1,Internasional,64,Nasional,1593,Opini,12,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Akhirnya Gak Bisa Ngelak, Kominfo Akui Adaya Penyalahgunaan Data NIK dan KK
Akhirnya Gak Bisa Ngelak, Kominfo Akui Adaya Penyalahgunaan Data NIK dan KK
https://marketing.co.id/wp-content/uploads/2018/02/Bonus-10GB_3.jpg
PATRIOTNKRI.COM
https://www.patriotnkri.com/2018/03/akhirnya-gak-bisa-ngelak-kominfo-akui.html
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/
https://www.patriotnkri.com/2018/03/akhirnya-gak-bisa-ngelak-kominfo-akui.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy