$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Gerindra-PKS Bisa Jadi Batal Mencalonkan Prabowo

PATRIOTNKRI.COM - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat, menilai masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi me...

http://jabarekspres.com/wp-content/uploads/2017/06/pks-isyaratkan-koalisi-dengan-gerindra.jpg

PATRIOTNKRI.COM - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat, menilai masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Cecep, salah satu kemungkinan skenario adalah kubu Gerindra dan PKS tidak mencalonkan Prabowo Subianto yang selama ini digadang-gadangkan sebagai calon presiden.

"Bisa saja kelompok ini tidak mengajukan Prabowo karena sudah gagal dua kali, dan memutuskan mencari calon yang lebih berpotensial," kata Cecep, Sabtu (17/3).

PDIP menjadi contoh ketika Megawati Soekarnoputri memilih Joko Widodo sebagai capres pada Pilpres 2019, Prabowo pun bisa berbuat demikian.

Cecep menjelaskan, penggantinya bisa dari mana saja, baik Gerindra, PKS, maupun sosok di luar.

Ia menyebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai profil yang bisa dimajukan sebagai capres. Juga, ada dari purnawirawan tentara yang pernah memiliki kekuasaan sebagai opsi lain.

Berbicara tentang pilpres, menurut dia, tidak lagi berbicara tentang partai, melainkan individu.

Kapabilitas seseorang untuk memenangkan hati masyarakat dan pemilihan umum menjadi poin prioritas setiap kubu.

"Partai sendiri tidak terlalu memperhatikan apakah dari partainya ada yang jadi capres atau cawapres, tapi memikirkan siapa tokoh yang berpotensi menang," Cecep menjelaskan.

Untuk menang dari Jokowi, partai oposisi harus mencari sosok yang merepresentasikan mayoritas pemilih dan saling melengkapi.

"Kalau memang Prabowo maju, cari pasangan dari kalangan sipil dan mewakili generasi muda," kata Cecep.

Elektabilitas Prabowo masih cukup tinggi, rata-rata 20-30 persen.

Sementara Jokowi berada di level 30-40 persen. Belum ada nama capres lain yang memiliki elektabilitas setinggi Prabowo dan Jokowi.

Anies Baswedan memang menanjak elektabilitasnya bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gatot Nurmantyo, dan Tuan Guru Zainul Majdi. Namun sejauh ini belum ada deklarasi atau ucapan langsung dari para tokoh ini untuk maju atau tidak pada Pilpres 2019.

Sumber: republika.co.id


Name

Berita,1335,Beritan,1,Internasional,39,Nasional,1292,Opini,10,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Gerindra-PKS Bisa Jadi Batal Mencalonkan Prabowo
Gerindra-PKS Bisa Jadi Batal Mencalonkan Prabowo
http://jabarekspres.com/wp-content/uploads/2017/06/pks-isyaratkan-koalisi-dengan-gerindra.jpg
PATRIOTNKRI.COM
http://www.patriotnkri.com/2018/03/gerindra-pks-bisa-jadi-batal-mencalonka.html
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/2018/03/gerindra-pks-bisa-jadi-batal-mencalonka.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy