$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Diingatkan Alam Bertubi-tubi, Pemda DKI Akhirnya Sadar dan Siap Lanjutkan Program Era Ahok

PATRIOTNKRI.COM - Banjir di Jakarta saat ini disebabkan curah hujan tinggi dari daerah hulu. Meski demikian, langkah Pemerintah Provinsi...



https://mmc.tirto.id/image/2018/02/05/anies-meninjau-pintu-air-manggarai--2-tirto.id_ratio-16x9.jpg
PATRIOTNKRI.COM - Banjir di Jakarta saat ini disebabkan curah hujan tinggi dari daerah hulu. Meski demikian, langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menormalisasi sungai masih dipertanyakan.

Apakah akan melanjutkan normalisasi sungai seperti pemerintahan sebelumnya atau tidak.


Jawaban mengenai itu sempat dijawab tersirat oleh Sandiaga. Pada Selasa (6/2/2018) kemarin, Sandiaga mendatangi Kampung Arus, Cawang, Jakarta Timur yang tergenang banjir.


"Ini challenge buat kami, tantangan buat kami, bahwa buat yang merasakan ya mereka sudah biasa, tetapi kami, kan, inginnya hidup lebih baik lagi," ujar Sandiaga.

Sinyal normalisasi

Meskipun ada yang tak setuju, kata Sandiaga, ada juga warga yang setuju program pemerintah. Sandiaga berencana memasang sheetpile atau dinding turap di kawasan Kampung Arus.

"Nah di situ yang merupakan tantangan kami," ujarnya.

Pembuatan sheetpile pada kali sendiri biasa dilakukan usai normalisasi.

Bangunan-bangunan yang berada di bibir sungai dibersihkan agar normalisasi sungai bisa dilakukan. Alat berat juga tidak akan bisa masuk jika bangunan di bibir sungai masih berdiri.

Menurut Sandiaga, warga Kampung Arus sepakat melepas lahan yang mereka pakai kepada pemerintah.

Dengan demikian, nantinya Pemprov DKI bisa membuat sheetpile di sana. Namun, di daerah lain selain Kampung Arus, masih ada warga yang tak setuju normalisasi.

"Itu harus kami yakinkan bahwa mereka itu salah satu untuk memastikan bahwa programnya itu bisa berjalan. Kami ada program penataan, tetapi tentunya harus dapat dukungan dari warga," kata Sandiaga.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang memetakan bagian mana yang harus diturap. Jika sudah selesai dan semua warga setuju, eksekusi untuk normalisasi sungai bisa dilakukan.

Tak mau disebut penggusuran

Lalu, warga yang setuju normalisasi akan direlokasi kemana? Sandiaga mengatakan, mereka minta dicarikan rumah susun yang dekat dengan mereka.

"Kalau di dekat Cawang itu ada beberapa rusun yang mungkin bisa kami relokasi mereka," ujarnya.

Baca juga: Sandiaga Sebut Ketinggian Air di Bedungan Katulampa Sudah Menurun

Namun, Sandiaga tidak mau proses pemindahan warga ini dikatakan sebagai sebuah penggusuran. Menurut dia, warga ini adalah orang-orang yang mendukung program pemerintah.

"Mereka enggak digusur ya karena mereka akan pindah sendiri. Mereka ikut dalam program penataan," ujar Sandiaga.

Sumber: kompas.com


Name

Berita,1310,Beritan,1,Internasional,36,Nasional,1270,Opini,10,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Diingatkan Alam Bertubi-tubi, Pemda DKI Akhirnya Sadar dan Siap Lanjutkan Program Era Ahok
Diingatkan Alam Bertubi-tubi, Pemda DKI Akhirnya Sadar dan Siap Lanjutkan Program Era Ahok
https://mmc.tirto.id/image/2018/02/05/anies-meninjau-pintu-air-manggarai--2-tirto.id_ratio-16x9.jpg
PATRIOTNKRI.COM
http://www.patriotnkri.com/2018/02/diserang-banjir-bertubi-tubi-pemda-dki.html
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/2018/02/diserang-banjir-bertubi-tubi-pemda-dki.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy