$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Saat Tim UI Tak Kunjung Berangkat, UGM Ceritakan Pengorbanan Demi Asmat: Terombang-Ambing di Laut Lepas Hingga

PATRIOTNKRI.COM - Akhir Januari lalu Universitas Gadjah Mada (UGM) menerjunkan tim Disaster Response Unit (DERU) untuk membantu mengatasi...

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2018/02/05/e3b61f8c-0e56-4601-a152-d7da86ee1f8e_169.jpeg?w=780&q=90

PATRIOTNKRI.COM -Akhir Januari lalu Universitas Gadjah Mada (UGM) menerjunkan tim Disaster Response Unit (DERU) untuk membantu mengatasi gizi buruk di Agats, Asmat, Papua. Tim terdiri dari tujuh orang ini dipimpin Sekretaris Direktorat Pengabdian Masyarakat UGM, Rachmawan Budiarto. Bagaimana cerita perjalanan mereka?

"Selama 4 jam terombang-ambing di laut lepas, tujuh orang dari tim DERU UGM akhirnya memilih menginap di sebuah pulau yang tak berpenghuni," kata Rachmawan kepada wartawan di ruang Fortakgama UGM, Senin (5/2/2018).

Atas saran dari nakhoda kapal, perjalanan malam itu terpaksa dihentikan karena gelombang laut masih tinggi. Beberapa orang memilih tidur di kapal, sebagian memilih membuat tenda darurat di pinggir sungai. Di pulau yang masih berupa hutan bakau tersebut, tim yang terdiri para dokter, perawat dan peneliti ini mendirikan tenda tidak jauh dari kapal. Sebab, di sungai-sungai yang mereka susuri masih banyak buaya.

Esok paginya setelah cuaca dirasa sudah membaik, kapal yang ditumpangi berupa kapal nelayan ini akhirnya berangkat kembali menuju Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

"Kami menempuh 22 jam hingga sampai ke Agats," lanjutnya.

Menurutnya, medan yang harus ditempuh untuk menuju Agats memang cukup berat. Namun akhirnya tim yang dia pimpin berhasil sampai ke Agats pada Jumat (26/1). Setelahnya, timnya berpencar untuk memetakan berbagai persoalan, salah satunya persoalan listrik di Agats, Asmat.

Dari pemetaan ini diketahui memang banyak persoalan di Agats. Selain pasokan listrik, infrastruktur dan pelayanan kesehatan masih menjadi persoalan tersendiri. Sebagai gambaran, dari 23 distrik di Asmat tercatat baru 16 distrik yang memiliki puskesmas, itu pun baru 5 puskesmas yang memiliki dokter.

Sementara salah seorang anggota tim medis di DERU, dr Hendro Wartatmo, Sp BD menambahkan, anak-anak yang meninggal akibat campak di Asmat dipastikan karena kekurangan gizi. Persoalan ini diprediksi tidak hanya berlangsung 2-3 minggu saja, tetapi akan berlangsung lama.

Tim DERU UGM saat memaparkan kondisi Agats.Tim DERU UGM saat memaparkan kondisi Agats. Foto: Dok UGM

"Kurang gizi tersebut menyebabkan infeksi campak dan infeksi lain. Sebab, saat kurang gizi akan menurunkan daya tahan tubuh," ungkap Hendro.

Sementara dokter spesialis anak RS UGM, dr Fita Wirastuti Sp A menambahkan, agar bencana gizi buruk ini tak terulang maka perlu dioptimalkan peran imunisasi. Selain itu, peran puskesmas di Asmat juga perlu dioptimalkan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Perlu juga dipikirkan bagaimana cara untuk menarik warga meluangkan waktu mengikuti program puskesmas," pungkas dia.

sumber: kompas.com


Name

Berita,1310,Beritan,1,Internasional,36,Nasional,1270,Opini,10,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Saat Tim UI Tak Kunjung Berangkat, UGM Ceritakan Pengorbanan Demi Asmat: Terombang-Ambing di Laut Lepas Hingga
Saat Tim UI Tak Kunjung Berangkat, UGM Ceritakan Pengorbanan Demi Asmat: Terombang-Ambing di Laut Lepas Hingga
https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2018/02/05/e3b61f8c-0e56-4601-a152-d7da86ee1f8e_169.jpeg?w=780&q=90
PATRIOTNKRI.COM
http://www.patriotnkri.com/2018/02/disaat-tim-ui-tak-kunjung-berangkat-tim.html
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/2018/02/disaat-tim-ui-tak-kunjung-berangkat-tim.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy