$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Malu Gak Sih? Saat 5 Negara MISKIN Ini Sudah Bebas Difteri, Di RI Malah Mengganas

  PATRIOTNKRI.COM - Dipenghujung 2017 Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri pada anak semakin meluas dan menyebar di hampir diseluruh wilayah...

 http://www.cidrap.umn.edu/sites/default/files/public/styles/ss_media_popup/public/media/article/mening_vax_child-unamid.jpg?itok=YaYnrd_U


PATRIOTNKRI.COM -Dipenghujung 2017 Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri pada anak semakin meluas dan menyebar di hampir diseluruh wilayah Indonesia.

Data terbaru dari kementrian kesehatan Desember 2017, menunjukan bahwa wabah difteri sudah tersebar di 20 provinsi dan 95 kabupaten kota.

Menurut Dr. dr. Hartono Gunardi, Sp. A(K), Staff Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM, adat 3 cara untuk menanggulangi wabah penyakit difteri, yaitu imunisasi, imunisasi dan imunisasi.

Dengan kata lain, satu-satunya yang dapat dilakukan untuk mengatasi wabah ini hanya Imunisasi.

Hartono menungkapkan, sebagai solusi KLB difteri pemerintah mencanangkan imunisasi ORI (Outbreak Renponse Imunisasion).

"ORi adalah imunisasi tambahan tanpa memandang riwayat imuniasi sebelumnya," paparnya.

"Mekanisme imumisasi ORI, jika seorang terjangkit penyakit difteri maka semua orang di desa tersebut harus di imunisasi, tanpa kecuali." Papar dr. Hartono.

Mewabahnya difteria di Indonesia sejatinya merupakan hal yang memalukan.

Pasalnya di banyak negara lain penyakit Difteri sudah dinyatakan TAMAT.

Tidak perlu berbicara negara maju seperti Australia dan Bahamas yang memang telah berhasil memberantas Difteri sejak 1983.

Beberapa negara Miskin di Afrika dan belahan bumi lainnya juga telah berhasil memberantas Difteri melalui Imunasasi yang direkomendasikan WHO.

Berikut contoh negara MISKIN yang berhasil melepaskan dirinya dari belenggu Difteri menurut data WHO per 2017.

1. Afghanistan

Walaupun merupakan negara konflik, namun pemerintah afghanistan berhasil mencatatkan kejadian difteri hingga NOL kasus  sejak 10 tahun yang lalu yaitu 2007. Hingga saat ini negara bekas jajahan soviet tersebut sudah tidak mengenal lagi yang namanya penyakit Difteri.

2. Namibia

Negara benua afrika ini memang baru beberapa tahun terlepas dari Difteri. Sebelumnya,  pada tahun 2012, Penduduk Namibia masih dihantui oleh Difteri. Namun sejak tahun 2013 negara yang terkenal akan taman nasional Etoshanya itu sudah dinyatakan clear oleh WHO.

3. Papua New Guenea.

Pada hingga tahun 2015 kasus Difteri di Papua New Guenea sangat mengerikan. Angka keterjadiannya sebanyak 539 Kasus yang lebih tinggi dibanding angka kejasian di Indonesia.

Berkat ketaatan warganya, sosialisasi dan upaya pemerintah, sejak 2006 hingga hari ini sudah tidak ada lagi kasus Difteri di PNG.

4.Timor Leste

Mantan anggota NKRI tersebut dulunya tidak jauh berbeda dengan Indonesia. akan tetapi negara yang berbatasan langsung dengan NTT tersebut telah berhasil memberantas difteri hingga benar-benar TIDAK ADA lagi difteri disana sejak 2016.

5. Zimbabwe

Negara yang terkenal dengan kemorosotan ekonominya tersebut memang jauh lebih maju dalam hal kesadaran warganya soal Imunisasi.

Walaupun mata uang negara tersebut ambruk hingga Bank Sentral harus mengeluarkan pecahan $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar), namun negara ini telah berhasil menuntaskan kasus Difteri sejak Tahun 1999.

Data: WHO, diolah tim patriotnkri.com






Name

Berita,604,Beritan,1,Internasional,15,Nasional,584,Opini,6,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Malu Gak Sih? Saat 5 Negara MISKIN Ini Sudah Bebas Difteri, Di RI Malah Mengganas
Malu Gak Sih? Saat 5 Negara MISKIN Ini Sudah Bebas Difteri, Di RI Malah Mengganas
http://www.cidrap.umn.edu/sites/default/files/public/styles/ss_media_popup/public/media/article/mening_vax_child-unamid.jpg?itok=YaYnrd_U
PATRIOTNKRI.COM
http://www.patriotnkri.com/2017/12/malu-gak-sih-saat-5-negara-miskin-ini.html
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/2017/12/malu-gak-sih-saat-5-negara-miskin-ini.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy