$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Ya Tuhaan, Presiden Difitnah Lagi, Pelakunya Itu Punya Agama Gak Sih?

PATRIOTNKRI.COM - Tindakan sangat nekat dan jahat dilakukan pengelola akun Facebook Andre Sopyan. Sebab, akun yang diduga bot itu...



PATRIOTNKRI.COM - Tindakan sangat nekat dan jahat dilakukan pengelola akun Facebook Andre Sopyan.

Sebab, akun yang diduga bot itu kemarin (1/11) mengunggah foto hasil olah digital (oldig) yang memfitnah Presiden Joko Widodo. Dalam foto rekayasa tersebut, Jokowi digambarkan sedang makan babi. 

Jawa Pos tak ingin sekadar menyajikan berita bahwa foto itu hoaks, namun juga berupaya mencari asal usul foto yang digunakan sebagai bahan olah digital. 

Ternyata foto babi panggang yang seolah sedang disantap Jokowi tersebut berasal dari Inggris. Anda bisa menemukannya di situs stock foto, vector, video Alamy.com. 

Judul fotonya Hog Spit Roast on Barbecue with A Pig’s Head in Foreground. Ya, foto itu memang menggambarkan babi yang dipanggang utuh. 

Kepalanya terpotong, tapi masih ditaruh di tempat pemanggangan. Kontributor foto tersebut adalah Mark Wiener. Foto itu diambil pada 28 Juli 2012. 

Lantas, dari mana si pembuat hoaks mendapatkan foto babi panggang itu? Mungkin dia memperoleh dari portal berita Daily Mail. 

Pada 3 Agustus 2014 media asal Inggris itu pernah menggunakan foto babi panggang yang mirip di Alamy. 

Foto itu digunakan untuk ilustrasi berita tentang protesnya pegawai BBC yang muslim karena adanya pesta babi panggang di kantor mereka untuk merayakan Commonwealth Games. 

Di Daily Mail, watermark-nya sudah tidak ada. Bisa langsung di-save dan digunakan untuk olah digital. 

Satu foto lagi yang akan kita bahas adalah gambar Jokowi yang sedang menggigit sesuatu yang mirip sate. Dalam gambar itu, Jokowi menggunakan baju kotak-kotak. 

Foto tersebut diambil ketika Jokowi masih menjadi gubernur DKI Jakarta. Saat itu dia datang ke Ponorogo untuk menjadi juru kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2013 dari PDIP Bambang D.H. dan Said Abdullah. 

Dua foto itulah yang kemudian digabungkan seolah-olah Jokowi sedang makan sate di depan babi panggang. 

Dua foto tersebut disatukan dengan tambahan gambar api dari arang yang membakar tubuh babi. 

Sumber: jpnn.com


Name

Berita,495,Beritan,1,Internasional,14,Nasional,476,Opini,6,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: Ya Tuhaan, Presiden Difitnah Lagi, Pelakunya Itu Punya Agama Gak Sih?
Ya Tuhaan, Presiden Difitnah Lagi, Pelakunya Itu Punya Agama Gak Sih?
https://4.bp.blogspot.com/-9fg_gYR7Q9U/Wfs9SpYAdyI/AAAAAAAALRI/7Y3SaV6wCYQ7FVNAm1NnN9I5B1t3mU9iQCLcBGAs/s640/foto-hoaks.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-9fg_gYR7Q9U/Wfs9SpYAdyI/AAAAAAAALRI/7Y3SaV6wCYQ7FVNAm1NnN9I5B1t3mU9iQCLcBGAs/s72-c/foto-hoaks.jpg
PATRIOTNKRI.COM
http://www.patriotnkri.com/2017/11/ya-tuhaan-presiden-difitnah-lagi.html
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/2017/11/ya-tuhaan-presiden-difitnah-lagi.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy