$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

3 Tahun Jokowi, Indonesia Berbenah, Lebih 1 Juta Petani Sudah Terasuransi

PATRIOTNKRI.COM -  Lebih dari satu juta petani terdaftar menjadi nasabah asuransi pertanian. Sedikitnya seluas 860 ribu hektare sudah ma...

http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/petani-indonesia-terus-mengalami-banyak-kesulitan-_140625145433-732.jpg

PATRIOTNKRI.COM -  Lebih dari satu juta petani terdaftar menjadi nasabah asuransi pertanian. Sedikitnya seluas 860 ribu hektare sudah masuk pendaftaran.

Kepala Unit Usaha Pertanian dan Mikro PT Jasa Indonesia (Jasindo) Ika Dwi Nita Sofa mengatakan, sebaran nasabah asuransi pertanian belum merata, mengingat ini merupakan program baru.

"Tingkat penerimaannya masih bervariasi," ujarnya, Selasa (21/11).

Hal tersebut dipengaruhi tingkat keaktifan dinas dan penyuluh dalam memperkenalkan pola asuransi tersebut. Selain itu, penyerapan teknologi juga berpengaruh dalam aplikasi asuransi pertanian ini.

"Untuk Jawa pasti paling tinggi, paling mudah menerima introduksi teknologi. Sulawesi juga cukup tinggi, Kalimantan sekarang cukup tinggi juga partisipasinya," kata dia.

Pendafataran asuransi pertanian bisa dilakukan dalam bentuk kelompok tani. Sejauh ini diakui Ika banyak kelompok tani berinisiatif melakukan pendafataran melalui dinas dan Jasindo.

Menurutnya, kendala yang dialami dalam penyaluran klaim asuransi adalah banyak petani yang tidak memiliki rekening. Begitu juga dengan rekening kelompok tani yang tidak aktif.

"Mereka kan buat rekening untuk terima bantuan dari masyarakat jadinya banyak yang sudah tidak aktif," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia menegaskan peran penting adanya Sistem Informasi Pemantauan Tanaman Pertanian (SI MANTAP) milik Kementerian Pertanian.

SI MANTAP diklaim mampu memudahkan kinerja Jasindo dalam melacak lahan pertanian yang diklaim.

Kendati demikian, Ika melanjutkan pihaknya masih harus tetap melakukan survey. "Karena kalau dari pecitraan satelit itu kita hanya akan melihat gambaran global," ujar dia.

Sementara dari satu area yang terdampak belum tentu semuanya diasuransikan. "Kami tetap menyisir mana yang klaim, mana yang peserta, mana yang bukan," tambah dia.

Sumber: republika.co.id


Name

Berita,495,Beritan,1,Internasional,14,Nasional,476,Opini,6,
ltr
item
PATRIOTNKRI.COM: 3 Tahun Jokowi, Indonesia Berbenah, Lebih 1 Juta Petani Sudah Terasuransi
3 Tahun Jokowi, Indonesia Berbenah, Lebih 1 Juta Petani Sudah Terasuransi
http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/petani-indonesia-terus-mengalami-banyak-kesulitan-_140625145433-732.jpg
PATRIOTNKRI.COM
http://www.patriotnkri.com/2017/11/3-tahun-jokowi-menjabat-lebih-1-juta.html
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/
http://www.patriotnkri.com/2017/11/3-tahun-jokowi-menjabat-lebih-1-juta.html
true
6823089953704148341
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy